Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SD
Copyright (c) 2017 Heni Siti Aminah
Article Metrics→ |
Indexing Database→ | ![]() |
![]() |
Abstract
Meningkatkan hasil belajar siswa melalui modelkooperatif tipe jigsaw berbantu media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media gambar. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes dan pilihan ganda. Teknik analisis data dengan cara persentase untuk data kuantitatif (hasil belajar). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 04 jambangan kecamatan geyer kabupaten grobogan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui tingkat ketuntasan belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa. Pada siklus I tingkat ketuntasan belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa mencapai 70% dan pada siklus II mencapai 80%. Hal ini menunjukan adanya peningakatan hasil belajar IPA.
Kata Kunci : model kooperatif tipe jigsaw, media gambar, hasil belajar dan pembelajaran IPA
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v7.i2.201701
References
Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Mawardi, & Sari, D. L. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make A Match Ditinjau dari Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar-Suruh. Scholaria, 5(5), 82–99.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A., Rahardja, A., Haryono, A., & Rahardjito. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A., Rahardja, A., Haryono, A., & Rahardjito. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Belajar.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wisudawati, W. A., & Sulistiyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats