Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Andi Saparuddin Nur(1,Mail), Markus Palobo(2) | CountryCountry:


(1) Universitas Musamus Merauke, Indonesia
(2) FKIP, Indonesia

MailCorresponding Author

DOI 10.23960/jpp.v7.i1.201701
Metrics→
              
Indexing Site→


Download Full Text: PDF

Copyright (c) 2017 Andi Saparuddin Nur, Markus Palobo


Korelasi pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dan interaksi pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX SMP Negeri di Kota Merauke. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri di Merauke. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu; pemilihan sekolah sebagai sampel secara purposive sampling, dilanjutkan dengan pemilihan kelas sampel secara simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXG dan IXH SMP Negeri 1 Merauke serta siswa kelas IXB dan IXC SMP Negeri Buti yang berjumlah 155 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah; (1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan pengetahuan awal, dan (3) tidak terdapat interaksi antara tingkat sekolah dan pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

 

Kata Kunci : pendekatan kontekstual, budaya lokal, pemecahan masalah matematika.



DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v7.i1.201701 


Balitbang Kemdikbud. 2014. Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun 2014. Jakarta: Kemdikbud.

Haji, S. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(2), 115–118.

Lufri. 2014. Model Pembelajaran Sains. Prosiding: Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan MIPA tanggal 1 November 2014 di Padang, Hal. 8–22.

Narohita, G.A. 2010. Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Eksperimen Pada SMP Negeri 1 Tejakula). JIPP, Edisi Juni: 1436–1449.

Polya, G. 1973. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.

Prayitno, E. & Widyantini, Th. 2011. Pendidikan Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Rejeki, A., Triyono, & Warsiti. 2013. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD se-Kecamatan Kutowinangun. Jurnal FKIP UNS.

Rohaeti, E. 2011. Transformasi Budaya Melalui Pembelajaran Matematika Bermakna di Sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 139–147.

Salafudin. 2013. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian, 10(1), 63–76.

Tjalla, A. 2010. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Temu Ilmiah Nasional Guru II Universitas Terbuka, Jakarta, 23 November 2010.

Wardhani, S. 2004. Pembelajaran Matematika Kontekstual di SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats